Seperti yang telah kita ketahui belajar adalah sebuah proses dimana
peserta didik yang tadinya tidak tahu mengenai sesuatu menjadi tahu. Proses ini
bisa berhasil dengan adanya komunikasi antara peserta didik dengan
pembimbing/guru. Secara singkat komunikasi adalah proses pertukaran informasi
antara dua individu atau lebih. Dalam proses belajar pembelajaran sang guru
mencoba memberikan informasi yang dia tahu
kepada peserta didik dan mencerna informasi yang peserta didik
sampaikan, respon yang diberikan peserta didik saat proses pembelajaran juga
merupakan informasi.
Untuk mempermudah komunikasi dalam proses belajar pembelajaran
terdapat tiga pola pokok dalam komnikasi yang banyak digunakan.
- Komunikasi sebagai aksi atau komunikasi satu arah.
Dalam pola ini guru berperan
sebagai pemberi aksi dan peserta didik sebagai penerima aksi. Guru lebih banyak
aktif ketimbang peserta didik, hal ini sering menjadikan kegiatan belajar siswa
kurang hidup. Karena pada pola ini siswa cenderung pasif dan guru yang aktif.
- Komunikasi sebagai interaksi atau komunikasi dua arah.
Dalam pola yang ke dua atau pola komunikasi dua arah guru dan
peserta didik sama-sama memiliki peran yang sam yaitu sebagai pemberi aksi dan
peneriam aksi. Tetapi pola ini hanya terbatas terhadap komunikasi antara guru dan murid saja, tidak ada
komunikasi antara murid..
- Komunikasi sebagai transaksi atau komunikasi banyak arah.
Pola komunikasi ini tidak hanya melibatkan interaksi yang dinamis
antara guru dan murid saja, tetapi juga interaksi dinamis antar murid. Proses
belajar pembelajaran yang menggunakan pola komunikasi ini mengarah kepada
metode pengajaran yang mengembangkan kegiatan siswa secara optimal.
Sumber:
Blog Guru.
2009. Tiga Pola Komunikasi Dalam Proses Belajar Mengajar. [Online]. Tersedia
: http://www.blog-guru.web.id/2009/03/tiga-pola-komunikasi-dalam-proses.html
pertamax gan. .nyimak aja ea gan.soalnya gak nerti sama arsitektur. :D
BalasHapus